7 Tips Menjadi HRD Unggul

HRD atau sebagian orang menyebutnya Personaliaatau ada sebagian lagi yang menyebutnya ‘bagian SDM’ adalah orang-orang atau karyawan yang bertugas mengawal perusahaan agar mampu mencapai GOAL atau tujuan perusahaan yang dituliskan dalam visi, misi dan value perusahaan.

HRD sering digambarkan sebagai sosok menakutkan, mengerikan, galak, jaim, sok tahu, sok sibuk, kaki tangan pengusaha, dll. Sah-sah saja jika ada orang atau karyawan yang berpikiran seperti itu, yang mungkin saja pemikiran seperti itu hadir karena pengalaman pribadi saat berhubungan dengan sosok HRD di perusahaannya.
HRD sering dituntut sebagai sosok profesional yang harus menguasai sederatan pasal-pasal undang-undang ketenagakerjaan, kepmen-kepmen yang berkaitan dengan aturan ketenagakerjaan, dsb.
HRD sering digambarkan sebagai sosok profesional yang harus menguasai sekumpulan alat test psikologi yang rumit dan jlimet.
HRD sering digambarkan sebagai malaikat penentu nasib karyawan, karena ditangannyalah nasib calon-calon karyawan ditentukan :) benar gak ya? hehehehe…. agak lebay sedikit gak apa-apa ya :)
OK, di atas sudah sedikit digambarkan sosok HRD, ternyata mempunyai berbagai gambaran atau penafsiran. Nah menurut Anda sendiri, apa yang terbersit dalam pikiran Anda, saat mendengar atau melihat tulisan atau kata-kata HRD? apa gambaran Anda tentang HRD? apa penafsiran Anda tentang HRD?

Setelah kita melihat gambaran tentang HRD, sekarang kita lanjutkan yuuuk….

Katakanlah Anda sudah tahu apa itu HRD, (tentu Anda harus tahu, karena Anda HRD bukan ?) wah kalau Anda bukan HRD, Anda bisa tutup artikel ini, Tidak PERLU Anda baca sampai HABIS. hehehe bercanda kok, silakan dibaca terus yaaa….  nah khusus Anda yang memang HRD, sebaiknya Anda Baca sampai HABIS ya :)

Mengapa Anda harus membaca artikel HRD ini sampai habis? karena saya akan menjabarkan Tips-tips menjadi HRD yang unggul, HRD yang selalu dicari banyak perusahaan. OK siap untuk membaca resep jitu menjadi HRD Unggul ini ?
Baiklah, berikut saya tuliskan 7 Tips menjadi HRD Ungggul.
1. HRD ungggul mengetahui Tujuan dari HRD itu sendiri
Kira-kira apa tujuan HRD ada di dalam perusahaan? ada 4 objective yang harus diketahui oleh para HRD, yaitu Organizational Objective, Personal Objective, Functional Objective dan Societal Objective. (penjelasan tentang arti dan maksud dari 4 objective tersebut akan dituliskan dalan artikel HRD dengan judul yang berbeda).

2. HRD unggul harus tahu Tentang Perusahaan dimana Anda bekerja

Jika Anda bekerja sebagai HRD di sebuah perusahaan, tentu Anda harus tahu produk atau jasa yang dijual, bisnis proses yang ada dalam perusahaan, apa kekuatan perusahaan, apa kelemahan perusahaan, apa peluang-peluang yang ada dan apa ancaman-ancaman yang dihadapi perusahaan anda, artinya Anda harus mencoba melakukan SWOT analysis terhadap perusahaan Anda. Dengan mengetahui SWOT nya Anda akan dapat memperkirakan apa yang sebaiknya Anda lakukan sebagai HRD agar perusahaan Anda dapat mewujudkan target-target yang diberikan pimpinan puncak di perusahaan Anda.

3. HRD unggul memiliki Kompetensi Standar sebagai seorang HRD

Apa sajakah kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang HRD agar mampu menjadi seorang HRD Unggul? Untuk menjadi seorang HRD Unggul, seorang HRD harus memiliki kompetensi setidaknya :
- Kompetensi dalam bidang HR Planning
- Kompetensi dalam bidang Recruitment & Selection
- Kompetensi dalam bidang Performance Management System
- Kompetensi dalam bidang Compensation & Benefit
- Kompetensi dalam bidang Training & Development
- Kompetensi dalam bidang Industrial Relation

(Penjelasan lengkap untuk masing-masing kompetensi akan dituliskan dalam artikel HRD lain, silakan ditunggu :))

Selanjutnya akan ada yang namanya HR Specialist dan ada yang namanya HR Generalist, sesuai namanya, Specialist dan Generalist. Seorang Generalist dituntut untuk menguasai seluruh bidang yang ada dalam area HR, dan untuk HR Specialist, disamping mengetahui bidang-bidang dalam area HR, biasanya menguasai secara khusus dan dalam satu atau lebih bidang-bidang HR, misalnya specialist dalam Recruitment & Selection, specialist dalam Compensation & Benefit, dst.

4. HRD Unggul memiliki Tiga kemampuan Self, Task & People Management

Apa sajakah ke-tiga kemampuan tersebut? ke-tiga kemampuan tersebut adalah self management, people management dan task management.

Seorang HRD unggul harus mampu mengelola dirinya sendiri, mampu mengelola orang-orang (karyawan) dan mampu mengelola pekerjaannya dengan baik.

5. HRD unggul memiliki Networking yang baik

Networking sering diartikan jaringan, luasan jangkauan pertemanan, baik teman seprofesi maupun tidak seprofesi. Seorang HRD harus bergabung dalam komunitas HRD yang ada, perkumpulan HRD, mailing list HRD, yang akan memberikan kesempatan sebanyak mungkin untuk dapat saling lebih mengenal antara sesama praktisi HRD. salah satu contoh komunitas HRD yang ada adalah HRD Forum yang mengelola sebuah mailing list HRD, beralamat di Diskusi-HRD@yahoogroups.com ; yang secara aktif mengadakan pelatihan-pelatihan HRD setiap harinya, di samping itu HRD Forum juga mengadakan sebuah Event AKBAR setahun sekali, yang diberi nama HR BROTHERHOOD ; event akbar ini memiliki tujuan untuk memperkuat networking antar sesama praktisi HRD. HR BROTHERHOOD diadakan di setiap minggu pertama, bulan Maret, hari Sabtu dan Minggu. Acara ini diadakan hanya satu tahun sekali ! Wajib untuk Anda HADIR dalam acara tersebut ! Intinya networking ! Anda dapat bergabung dengan komunitas-komunitas HRD dimanapun Anda berada, jika di tempat Anda belum ada komunitas HRD, cobalah Anda bangun, ajak teman-teman HR di wilayah Anda untuk sama-sama membangunnya.

Apakah seorang HRD hanya harus aktif di komunitas HRD? tidak, seorang HRD, apalagi yang tugas sehari-harinya banyak bersentuhan dengan Recruitment, dia harus masuk dalam komunitas-komunitas lainnya, seperti komunitas Sales, komunitas marketing, komunitas sekretaris, komunitas manager, komunitas GA, komunitas engineer, dll yang berkaitan dengan job position yang ada dalam perusahaannya. Hal tersebut akan mempermudah pekerjaannya dalam hal mencari calon karyawan.

6. Selalu Update informasi seputar HRD dan ketenagakerjaan

Seorang HRD harus selalu meng-update informasi-informasi seputar HRD dan ketenagakerjaan, baik melalui training HRD, seminar HRD, simposium HRD, copy darat HRD, mailing-list HRD, koran, majalah, tabloid dsb.

Apakah boleh seorang HRD meng-update informasi mengenai Ariel Peterpan yang sekarang memiliki NOAH BAND, atau informasi tentang foto topless Kate Middleton, informasi tentang Pilkada Jokowi vs Foke, facebook -an atau fb, twitter -an, tentu boleh-boleh saja, semua berpulang kepada Anda sendiri. hehehe….

7. HRD Unggul harus terus belajar

Tidak ada kata terlambat untuk belajar, tidak ada kata berhenti untuk belajar. Terus dan terus menambah kompetensi dengan belajar. Belajar tidak harus di dalam kelas, belajar bisa melalui banyak cara, misalnya melalui fb, facebook, google, twitter, social media, yahoo, internet, blog, televisi, radio, buletin, majalah dsb.

Mudah-mudahan 7 tips untuk menjadi HRD Unggul dapat menjadi renungan kita sebagai HRD. Majulah SDM Indonesia ! salam HR !

Ditulis Oleh : Bahari Antono

Beliau adalah Owner & Founder www.HRD-Forum.com yang aktif menyelenggarakan training-training HRD sejak tahun 2004 sampai saat ini. Untuk melihat kegiatan, agenda dan tulisan-tulisan lainnya, silakan kunjungi website www.HRD-Forum.com. HRD Forum telah menyelenggarakan pelatihan HRD lebih dari 1000 kelas yang dihadiri lebih dari 1000 perusahaan se Indonesia. HRD Forum mengelola sebuah mailing-list yang beralamat di Diskusi-HRD@yahoogroyps.com dan telah memiliki member lebih dari 18.000 member yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>